Ini 5 Trik Agar Anak Lebih Cepat Belajar Membaca

 

 

Apakah anda ingat momen belajar menyimak semasa masih kecil? Kamu barangkali tidak tidak sedikit ingat, tetapi setiap orangtua yang mengajari anak menyimak akan paham bahwa mengajari anak menyimak bukan kegiatan mudah. Membaca berperan urgen dalam prestasi anak di sekolah nantinya.

Orangtua mesti paham bahwa tidak pernah terlampau dini guna mulai mengenalkan anak-anak ke dunia kitab dan kegiatan membaca. Ada juga sejumlah metode yang lebih baik untuk menolong anak belajar membaca. Jika anda sedang mempersiapkan anak guna masa prasekolah, sebagai berikut tips untuk menciptakan anak lebih cepat belajar membaca.

 

Jadikan Membaca sebagai Kegiatan Rutin di Rumah

Pertama-tama, pastikan bahwa kegiatan membaca ialah bagian dari kehidupan sehari-hari, dan anak-anak bakal belajar guna menyukainya. Jika nyaris ada seluruh anggota family di rumah, usahakanlah meminta mereka menyimak di depan anak yang sedang belajar membaca. Berikan anak buku-buku yang unik untuk dibaca, sampai-sampai ini dapat membuat mereka menyukai pekerjaan ini. Intinya ialah menjadikan menyimak sebagai bagian teratur keluarga yang menyenangkan.

Perkenalkan Huruf Kecil, Kemudian Huruf Kapital

Cara berikutnya untuk menciptakan anak cepat dapat membaca ialah memperkenalkan huruf kecil terlebih dahulu sebelum huruf besar. Huruf-huruf yang berdiri sendiri tanpa makna ialah sesuatu yang abstrak dan tidak dapat dimengerti oleh anak. Namun, ini tidak menjadi sebuah kesalahan bila sebelumnya ia sering diucapkan buku.

Banyak orang yang mengenalkan huruf kapital terlebih dahulu sebab mudah dikenali, tetapi hal ini salah sebab membuat anak mengalami kendala ketika ia mulai membaca kitab yang mempunyai tata bahasa.

Bacaan di media manapun, jumlah huruf kecil bakal jauh lebih tidak sedikit dari huruf besar. Hal ini disebabkan tata bahasa Indonesia dan tata bahasa apa pun menata bahwa melulu huruf depan atau huruf tertentu yang memakai huruf kapital, dan selebihnya menggunakan huruf kecil. Jika anak telah kenal dan hafal huruf kecil, maka ajarkan pun huruf kapital. Hal ini akan mempermudah anak saat akan membaca kitab cerita.

 

Gunakan Media Kreatif guna Mengajari Membaca anak

Belajar lewat kitab mungkin menciptakan anak gampang bosan. Ibu dapat menambahkan media yang kreatif guna belajar membaca, contohnya kartu warna wani, permainan atau material beda yang unik dengan gambar. Namun, selingi pun dengan kitab bacaan simpel supaya ia terbiasa membaca.

Perlahan Ajarkan Anak Membaca per Suku Kata

Ajari anak menyimak dengan masuk pada suku kata. Buatkan seluruh suku kata yang tercipta dari lima huruf vokal dan seluruh huruf konsonan. Setelah itu, ajarkan ia menyimak dua suku kata, lantas tiga suku kata. Dengarkan baik-baik apa yang anak baca, pastikan pelafalannya tepat.

Di samping itu, dalam bahasa Indonesia, anak lebih susah saat menyimak “ng” dan “ny”. Jadi, pastikan dua urusan ini pun diajari dengan baik. Anak pun perlu belajar konsonan mati pada suatu kata, laksana i-kan, ma-kan, ban-tal, dan seterusnya.

Latih Anak Membaca Kalimat

Apabila seluruh hal telah diajarkan, maka waktunya supaya anak merealisasikan semuanya yang ia sudah pahami. Ibu dapat melatihnya dengan menyimak sebuah kalimat simpel setiap hari. Jika ia sudah fasih maka segera alihkan dan mohon ia menyimak sebuah paragraf pendek.

 

 

 

Leave a Comment